Blog Seputar Gaya Hidup Terkini

Kelengkapan Busana Dan Properti Tari Merak

66

Perubahan di alam seringkali memang tidak terelakkan. Kemampuan setiap komponen dalam ekosistem untuk beradaptasi sangat diperlukan semoga dapat bertahan hidup. Manusia sebagai makhluk hidup yang paling beradab memegang peran penting terhadap perubahan ekosistem tersebut. Manusia hampir selalu dapat berinteraksi dengan semua komponen ekosistem semenjak dulu. Kemampuan berinteraksi ini dibuktikan dengan adanya berbagai ragam seni yang melibatkan alam sebagai sumber ilham. Salah satu adalah seni tari.

Pernahkah kau melihat Tari Merak? Ya, tari ini memang menceritakan perihal gerak-gerik dan perilaku burung merak jantan yang memainkan bulunya untuk memikat merak betina. Keindahan bulu-bulu dan gerak laku hewan ini menjadi sumber pandangan baru dalam Tari Merak yang berasal dari Jawa Barat. Keindahan bulu-bulu burung merak menginspirasi pencipta tari ini untuk menciptakan properti tari yang indah mirip keindahan bulu merak.

Properti tari ini merupakan salah satu ciri khas tarian. Pakaian penari mempunyai motif mirip bulu merak, kain dan bajunya menggambarkan bentuk dan warna bulu merak yang berwarna hijau biru atau hijau hitam. Kain yang dipasang di tangan menggambarkan sepasang sayap merak yang indah. Demikian juga dengan mahkota yang dipakai para penari makin memperindah tarian ini.

Read More :  Persebaran Penduduk Di Indonesia

Ayo Mengamati
Bersama dengan sobat sebangkumu, amatilah properti tari apa saja yang dipakai oleh penari Tari Merak. Buatlah daftar dan cari tahu fungsi setiap properti tari tersebut. Lalu bersama dengan guru, amatilah dengan saksama gerakan Tari Merak

Busana/Properti Tari Merak
Tari merak merupakan jenis tarian yang menggambarkan gerakan-gerakan burung merak. Beberapa kelengkapan pakaian/properti yang dipakai pada tari merak antara lain sebagai berikut.

Perubahan di alam seringkali memang tidak terelakkan Kelengkapan Busana dan Properti Tari Merak
No. Nama Keterangan
1 Mahkota/Siger Mahkota merupakan salah satu properti yang dipakai oleh penari tari merak di atas kepalanya. Mahkota ini juga kerap disebut dengan sebutan siger.
2 Garuda Mungkur Garuda mungkur merupakan sebuah hiasan yang dipakai pada kepala bagian belakang yang berbentuk ibarat mirip kepala burung merak.
3 Sesuping Sesuping merupakan bagian dari kostum tarian merak yang berfungsi sebagai hiasan di pendengaran penari.
4 Apok Apok merupakan sebuah kain yang digunakan melingkar pada bagian bawah leher dan menutupi dada penari.
5 Baju Atas Baju atas merupakan pakaian yang menutup dada penari, bisa dibilang mirip dengan kemben. Bedanya terdapat pada corak dan warnanya yang dibuat sedemikian rupa seperti dengan bulu burung merak.
6 Sayap Sayap merupakan sebuah kain yang menyerupai selendang yang berfungsi untuk mendeskripsikan bahwa pakaian tersebut merupakan kostum yang menggambarkan seekor burung merak.
7. Sabuk Sabuk merupakan kain yang berfungsi sebagai ikat pinggang serta untuk mengencangkan busana merak.
8 Sampur Sampur merupakan aksesoris yang terbuat dari materi tisue menyerupai mirip burung merak.
9 Kilat Bahu Kilat bahu merupakan sebuah gelang yang dipakai pada bab pundak sebagai aksesoris dalam menarikan tarian merak.
10 Gelang Gelang merupakan aksesoris yang dipakai pada pergelangan tangan penari. Biasanya berbentuk bundar bewarna-warni senada dengan kostum yang digunakan.
11 Rok Rok merupakan bagian bawahan dari kostum tarian merak yang sangat identik dengan corak serta warna mirip burung merak.
Read More :  Cita-Citaku Menjadi Anak Salih

Apabila diharapkan, amatilah gerakan burung merak yang sebenarnya melalui video atau film. Lalu, lihatlah gerakan-gerakan tari yang ada pada tarian tersebut. Kuasailah beberapa gerakan tari pada Tari Merak, lalu berlatihlah bersama kelompokmu dengan menggunakan iringan musik Macan Ucul yang biasa dipakai sebagai lagu pengiring Tari Merak.

Comments are closed.